Rabu, 11 Januari 2012

Artikel Manajemen: Sikapi Perubahan Secara Positif


Oleh : Yusnadi


Salah satu sebab melemahnya produktifitas karyawan adalah karena tidak siapnya karyawan menerima perubahan yang dilakukan manajemen dalam mengantisipasi kebutuhan pasar serta tuntutan perkembangan zaman. Perubahan sangat diperlukan  dalam suatu organisasi, dimana organisasi harus bersikap inovatif, adaptif dan merespon dengan cepat segala  perubahan di dunia bisnis yang sedang trend, sehingga organisasi akan bertahan dan menang dalam persaingan.
Perubahan sangat identik dengan pelaksanaan hasil kajian evaluasi organisasi yang dijabarkan ke dalam suatu perencanaan. Kajian evaluasi tersebut biasanya meliputi peraturan pemerintah yang baru, perubahan teknologi, kondisi ekonomi makro & mikro dan komposisi secara global.
Pada intinya perubahan sangat diperlukan  demi kelangsungan perusahaan. Akan tetapi seringkali kita tidak siap menerima perubahan. Bayangan negatif akan perubahan selalu menghantui kita. Sebenarnya kalau mau jujur, pikiran negatif tersebut datang karena ketakutan yang berlebihan akan posisi atau kedudukan yang hilang apabila ada arus perubahan. Lain dari  itu kekhawatiran tidak berhasil apabila ada perubahan,  serta manfaat perubahan itu sendiri baik untuk organisasi maupun untuk diri pribadi belum tentu lebih baik dengan saat ini.
Sekarang bagaimana cara menyikapi perubahan tersebut secara positif---merupakan PR bagi kita untuk mengatasi kendala-kendala di atas, agar produktifitas karyawan tidak cenderung menurun.
Ada beberapa kiat  untuk mengatasi perubahan tersebut, antara lain:
1.      Di dunia tidak ada yang kekal abadi
Perlu disadari bahwa Tuhan menciptakan mahluk yang ada di dunia ini beserta segala masalahnya tidak ada yang abadi, demikian juga dengan kedudukan atau jabatan seseorang. Saat ini Tuhan memberikan berkah dan suatu saat akan mengambil-Nya dan kita harus siap mental setiap saat. Untuk itu berpikir positif sangat diperlukan bahwa adanya perubahan tujuannya adalah untuk perbaikan, kemajuan perusahaan dan karyawan.
2.      Perubahan merupakan sesuatu yang wajar
Untuk kemajuan suatu organisasi, langkah perubahan merupakan suatu hal yang wajar, karena rumusan visi dan misi perusahaan harus selalu dikaji setiap saat. Apakah masih relevan dengan keadaan sekarang maupun masa mendatang? Banyak perusahaan yang gulung tikar karena ketidaktahuan mereka dalam mengantisipasi masa depan. Oleh karena itu saat seperti ini sangat diperlukan  perencanaan menciptakan visi yang motivatif dan didukung segenap karyawan. Daya gerak rumusan visi baru ini agar diimplementasikan secara full comited dan konsisten untuk menghadapi komposisi global. Arus perubahan yang begitu cepat dan danpak perubahan yang begitu luas, diperlukan sikap yang fleksibel dan adaptasi yang cepat untuk menyesuaikan perubahan itu sendiri.  Kalau kita tidak cepat menyesuaikan maka kita akan tertindas oleh arus perubahan itu sendiri. Bahkan kita akan terlempar ke luar dan hanya sebagai penonton yang tidak mempunyai andil apa pun terhadap kemajuan.
3.      Selalu berpikir
Berpikir dan bersikap positif dalam sehari-hari akan sangat bermanfaat bagi kita, terutama apabila menghadapi perubahan, karena perubahan tidak  selalu buruk dan tidak menguntungkan. Berpikir dan bersikap positif bahwa perubahan akan menambah wawasan tentang karier, pengetahuan dan hal-hal yang baru, merupakan sesuatu yang menarik untuk dicermati dan dilaksanakan.
4.      Kesiapan untuk terus belajar
Menyikapi perubahan secara positif dapat dilakukan dengan menyiapkan mental untuk terus belajar dan belajar. Dengan belajar minimal dapat meningkatkan standar kualitas yang diperlukan untuk perubahan. Demikian pula suatu perubahan apabila diikuti dengan kesiapan SDM yang berkualitas, akan lebih mempercepat ke arah tujuan perusahaan.
5.      Inisiatif
Tindakan inisiatif merupakan tindakan yang dapat membuat seseorang menjadi energik dan dinamis. Sikap inisiatif menempatkan seseorang berada paling terdepan dalam membantu setiap kesulitan yang dialami perusahaan. Tanpa menunggu lagi perintah atasan, apabila ada hal-hal yang harus cepat ditangani maka secepatnya menangani pelaksanaan pekerjaan tersebut. Dan sebagai pesan terakhir kami ingin menyampakan bahwa perubahan pada dasarnya untuk mempermudah menggerakan roda organisasi perusahaan secara efektif  dan efisien serta mempercepat ke arah tujuan yang hendak dicapai.  Dan perubahan pasti untuk perbaikan perusahaan dan perbaikan kesejahteraan karyawan, untuk kini dan dimasa mendatang. Semoga Dipasena dapat meraih kembali kejayaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar